Menyisir pariwisata Bangka Barat seperti tak ada habisnya, safari lalu dihabiskan buat membedah kekayaan sejarah Masjid Jamik Kota Muntok. Ya…bangunan cagar budaya kebanggaan warga ini ternyata memang menarik untuk dikunjungi. Banyak bukti kejayaan masa lalu tersimpan disana juga cerita tentang ihwal berdirinya objek wisata religi bersejarah ini, menyiratkan betapa haus semangat kekeluargan serta kegotong-royongan masyarakat pada masa itu. Rasanya kurang lengkap tour ke Bangka Barat kalo hanya menikmati hijaunya atap masjid, disaat merah panorama Kelenteng Kong Fuk Miau menggoda untuk di lahap. Finally… biar tambah banyak cerita wisata saat liburan di bumi Sejiran Setason, Jalan-jalan dilanjutkan menuju Kelenteng Kong Fuk Miau kota Muntok.

Ada yang beda memang kalo bisa mengunjungi dua tempat tujuan wisata dalam satu kawasan, (Apalagi kalau jaraknya dekat banget utamanya bisa ngirit ongkos!). ‘Sambil menyelam minum orange juice’, itu nyang akan anda dapatkan jika berwisata ke Bangka Barat dan sampai diterminal bus lama kota Muntok. Sungguh, benar-benar jadi wisata hemat! Masjid Jami nya dapet, Kelenteng Kong Fuk Miau pun ketangkep.

Kelenteng Kong Fuk Miau Kota Muntok

Berdiri saat jaman Dinasti Ching pada tahun 1820 M, ngomongin Kelenteng Kong Fuk Miau seperti bicara tentang hal ihwal berdirinya kelenteng dari ujung ke ujung pulau Bangka. Kelenteng kota Muntok ini mewakili cerita betapa penambangan timah di kepulauan Bangka Belitung nyang memperkerjakan Imigran China pemeluk Kong Fu Tse sebagai kuli tambang, telah mendirikan bangunan ibadah mereka bernama kelenteng.

Kelenteng Kong Fuk Miau - Wisata Bangka Barat

Kelenteng Kong Fuk Miau Kota Muntok punya cerita sendiri. Nama klentengnya diambil dari wilayah para pendiri nyang berasal dari Cina Daratan. Makna kata Kong Fuk berasal dari Kwang Tung serta Fuk Kian (nama wilayah di Cina) nyang disingkat jadi Kong Fuk, disambung kata Miau nyang artinya Rumah Dewa. Arsitektur kelenteng bergaya ‘BelaCin’ (Belanda dan Cina). Telah mengalami dua kali pemugaran setelah ratusan tahun berdiri yaitu pada tahun 1980 dan pada tahun 1996. Yang masih asli dari Kelenteng bersejarah kota Muntok ini tinggal pilar dan lantai bangunannya saja.

Ritual Kelenteng Kong Fuk Miau

Ada sedikit tradisi unik di Kelenteng Kong Fuk Miau Kota Muntok Bangka Barat ini. Selain punya lonceng nyang biasanya ada di Gereja, Rumah ibadah warga Tionghoa ini juga punya bedug nyang umumnya ada di Masjid. Dengan adanya Bedug dan lonceng membuat keseharian ritual kelenteng jadi nampak beda. Bedug ditabuh sebanyak 36 kali dan lonceng dibunyikan 5 kali setiap jam 5 pagi serta jam 5 sore oleh penjaga kelenteng. Ritual Pemukulan bedug dan pembunyian lonceng berubah menjadi 3 kali sehari jika perayaan Imlek tiba.

Nilai Sejarah Kelenteng Kong Fuk Miau Kota Muntok

Berdampingannya dua bangunan nyang disucikan antara Masjid Jamik serta Kelenteng Kong Fuk Miau di kota Muntok ini jelas menggambarkan jika suku dan agama di kepulauan Bangka Belitung bisa bersanding. Meninggalkan nilai kerukunan hidup tanpa membedakan apa dan siapa kita. Melukiskan padu gaya disain seni dua budaya bernilai tinggi. Inilah cerita dari wisata Bangka Barat nyang didapat. Tour nyang sangat menorehkan kesan mendalam.

Ini dulu cerita nyang dapat dibagi dari perjalanan wisata ke Bangka khususnya Bangka Barat di Kelenteng Kong Fuk Miau Kota Muntok. Senja akan tiba dan saatnya beristirahat untuk melanjutkan tour Bangka menuju destinasi pariwisata Bangka Belitung menarik lainnya. Salam wisata…

Summary
Kelenteng Kong Fuk Miau - Wisata Bangka Barat
Article Name
Kelenteng Kong Fuk Miau - Wisata Bangka Barat
Description
Kelenteng Kong Fuk Miau kota Muntok menjadi bukti wisata sejarah pulau Bangka nyang menggambarkan nilai kerukunan hidup tanpa membedakan apa dan siapa kita. Menyisir Bangka Barat ini menyisakan pengalaman berarti sekali.
Author
Publisher Name
pariwisatabangkabelitung.com
Publisher Logo